PJ. Sekda Kota Bima Gelar Audiensi Dengan BPKP Soal Tangani Bencana - Reportase Bima

Minggu, 20 Oktober 2024

PJ. Sekda Kota Bima Gelar Audiensi Dengan BPKP Soal Tangani Bencana


Kota Bima, Reportasebima.com Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Drs. Supratman M.AP, mengadakan audiensi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait evaluasi penanggulangan bencana. Acara ini berlangsung pada Senin (21/10/2024) di ruang rapat Sekda Kota Bima dengan fokus pembahasan pada tiga tahap penting dalam penanggulangan bencana, yakni tahap pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana.

Dalam audiensi tersebut, Drs. Supratman M.AP menekankan pentingnya sinergi antara Pemerintah daerah dan BPKP dalam memperkuat kesiapan Kota Bima menghadapi berbagai potensi bencana.

“Kota Bima yang rawan terhadap bencana seperti banjir dan tanah longsor memerlukan langkah-langkah strategis dan efektif, tidak hanya saat tanggap darurat, tetapi juga pada masa pra dan pasca bencana. Kami harap evaluasi ini dapat memberikan rekomendasi untuk perbaikan di masa mendatang,” ujar Pj Sekda.

Tim BPKP yang hadir dalam pertemuan ini memaparkan hasil evaluasi awal mereka terkait kesiapan infrastruktur, sumber daya manusia, dan kebijakan pemerintah daerah dalam menghadapi bencana. Mereka juga memberikan masukan mengenai pengelolaan dana darurat dan pemanfaatan sumber daya yang lebih efisien selama masa tanggap darurat.

Pada kesempatan yang sama, Pj Sekda menggarisbawahi bahwa peningkatan koordinasi antar lembaga serta transparansi dalam pengelolaan anggaran bencana menjadi salah satu prioritas utama Pemerintah. “Kami akan terus berupaya memastikan setiap tahap penanganan bencana berjalan optimal dan mengurangi dampak yang dirasakan masyarakat,” tambahnya.

Audiensi ini diharapkan menjadi langkah menuju perbaikan sistem penanggulangan bencana di Kota Bima, yang nantinya dapat mengurangi resiko dan kerugian yang diakibatkan oleh bencana alam.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda