Baznas Kota Bima Distribusi Zakat Konsumtif Kepada 571 Lansia dan Anak Yatim - Reportase Bima

Sabtu, 05 Oktober 2024

Baznas Kota Bima Distribusi Zakat Konsumtif Kepada 571 Lansia dan Anak Yatim



Kota Bima, Reportasebima.com - Jum,at, (04/10/24) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bima kembali menggelar kegiatan Pendistribusian Zakat Konsumtif bagi Anak Yatim, Guru Honorer, dan Janda/Duda Miskin yang ada di Kota Bima dirangkaikan dengan peresmian Rumah Sehat Baznas.

Kegiatan berlangsung dikantor BAZNAS Kota Bima diadiri PJ Walikota Bima, PJ Sekda, Kapolres Bima Kota, Para Kepala OPD, Camat, Lurah dan Masyarakat Penerima Manfaat.

Ketua Baznas Kota Bima H. Nurdin, S. Sos, MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa peserta atau mustahil yang hadir sejumlah 571 orang dengan pembagian 4 orang per Kelurahan dari kalangan orang tua dan seluruh anak yatim yang ada di kota Bima dari SD/MI SMP, MTS/ SMP.

Bagi yang tidak hadir akan dikunjungi ke tempatnya masing-masing. Kata H. Nurdin, bahwa bantuan ini bersumber dari zakat profesi para PNS yang ada di Kota Bima yang masuk di BAZNAS, untuk di salurkan termasuk di dalamnya untuk para anak yatim/ piatu.

Dikatakannya, bahwa anak yatim/piatu yang ada di kota Bima sudah di data langsung dari setiap sekolah masing-masing.

Pada kesempatan tersebut H. Nurdin juga menyesalkan adanya oknum ASN yang mau mengundurkan diri dari zakat profesi. Tapi setelah dijelaskan bahwa zakat ini adalah cara allah swt untuk umatnya yang bersyukur dan bisa berbagi dari kelebihan pendapatan yang ada. Dan balasan pahalanya cukup berkali lipat.

Cukup Banyak yang mau menundurkan diri, tapi setelah dijelaskan akhirnya disadari bahwa bagian dari pendapatan yang ada juga memiliki hak orang lain untuk membersihkan diri dan harta yang ada, sehingga banyak yang urungkan niat. Perbuatan baik sekecil apapun sebenarnya tidak akan ada yang sia-sia Dimata Allah.

Zakat Konsumtif ini untuk anak yatim bantuan nya 200 ribu per orang.

Sebelum menutup sambutannya H Nurdin meminta kepada PJ Walikota Bima H Muhtar Landa bahwa rumah sehat Baznas itu sudah berdiri tinggal isinya yang dilengkapi. Selain fasitas RS dirinya juga meminta 4 orang tenaga medis yakni 1 dokter dan 3 perawat.

Sementara itu, PJ Walikota Bima H. Muhtar Landa dalam sambutannya menyampaikan apa yang diberikan lewat basnas Alhamdulillah telah disalurkan oleh basnas kepada seluruh pihak-pihak yang berhak untuk menerima bagian dari zakat itu.

Dirinya berharap kepada pejabat ASN di sekretariat daerah menjadi contoh pembayaran zakat profesi kalau ada yang menolak dan membantah dirinya akan menolak dia berada di sekretariat ini janjinya.

Muhtar mengajak seluruh pimpinan opd agar tetap berzakat. Karena zakat -zakat inilah nanti yang menjadi amal kebaikan selama menjadi ASN. (Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda