APH Diminta Tindak tegas Maraknya Praktek Oknum Mafia Tanah di Kabupaten Tanah Laut - Reportase Bima

Minggu, 18 Agustus 2024

APH Diminta Tindak tegas Maraknya Praktek Oknum Mafia Tanah di Kabupaten Tanah Laut



Tanah Laut, Reportase.com.
Begitu miris praktek dugaan oknum mafia tanah di Kabupaten Tanah Laut. Pasalnya, data lahan milik Sarbaini terletak di desa Asan asam kecamatan jorong kabupaten Tanah laut propinsi Kalimantan Selatan di palsukan. Akibatnya, data lahan tersebut berpindah tempat.

Karena data lahan miliknya, di palsukan Sarbaini mengadukan hal ini ke pihak APH, bahwa terjadi dugaan pemalsuan data/surat tanah dikuasai KUD perkebunan sawit milik Pak Iman yang saat ini tanah tersebut dikelola oleh Pak Makmur.

Sesuai keterangan pak makmur sendiri, bahwa pihaknya menunggu kopi surat tanah dan sertifikat baruvtersenut, baru di adakan media pertemuan diantara yang terkait.

Sangat disesalkan, atas tindakan pak makmur dengan sangat berani melakukan pemalsuan data lahan tersebut dengan melibatkan notaris. Padahal bukan hak miliknya. Ironisnya, lahan milik Sarbaini itu juga sudah di terbitkan sertifikat oleh Badan pertanahan Nasional tanpa menggali riwayat dan bukti dilapangan.

Menurut sumber keterangan dari keluarga zainudin mantan kades muara Asam asam, bahwa ada lahan yg juga diklaim hak muliknya dan sempat terjadi jual beli, tapi gagal dan batal dilakukan lantaran surat tanah tersebut dijadikan Agunan pinjaman bank untuk kepentingan perkebunan sawit. Begitu juga lahan milik Sarbaini yg mana lahannya termasuk yg dijadikan agunan pinjaman bank dr benera sumber yg mengadukan kepada awak media, bahwa cukup banyak sekali permasalahan lahan yg menjadi sengketa oleh para oknum mafia tanah yg ada di kabupaten tanah laut Pelaihari Kalimantan Selatan.

Akibat Persoalan sengketa lahan ditanah laut banyak sekali sekali warga masyarakat yg merasa dirugikan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.sehingga hal ini tidak bisa dibiarkan karena sangat merugikan masyarakat dan negara. jadi warga masyarakat meminta kepada aparat penegak hukum ditanah laut agar bisa bertindak para pelaku mafia yg melakukan penyerobotan tanah masyarakat karena lahan Sekang lahan diawasi dari satuan tugas khusus garda Prabowo, sehinga jangan main main para mafia tanah, agar tidak seenaknya merampas hak masyarakat apalagi melibatkan oknum mafia. Maka satgassus GP akan turun gunung untuk menyelesaikanya, bila hal ini terus dibiarkan. # TIM.

Editor AKJII

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda