Dispar Kabupaten Tanah Laut Berikan Pelatihan 40 UMKM di Obyek Wisata - Reportase Bima

Senin, 24 Juni 2024

Dispar Kabupaten Tanah Laut Berikan Pelatihan 40 UMKM di Obyek Wisata


Kab. Tanah Laut, Reportasebima.com.
Selasa 25 Juni 2024, Dinas Pariwisata Pemkab Tanah Laut Provinsi Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Kegiatan Pelatihan Kepada Pelaku usaha di Obyek Wisata Pantai Batakan Baru.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) pelaku usaha Pariwisata dikawasan objek wisata setempat. Peserta di ikuti sebanyak 40 UMKM di lokasi Pantai Batakan Baru. Acara dihadiri langsung Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima dan elemen pemerintah serta perwakilan warga pantai Batakan Baru juga ikut di undang untuk menghadiri acara pengembangan sumber daya
manusia dan ekonomi kreatif.

Sekretaris Dispar Kabupaten Tanah Laut, Heni astuti menyampaikan, bahwa kegiatan ini, dilaksanakan dalam rangka pengembangan usaha di kawasan obyek wisata. Disamping itu juga, untuk menata kawasan tersebut agar lebih rapi dan tertib. 

Hal ini, sangat penting dalam pengembangan usaha, maka harus di tunjang dengan ketrampilan dan skill yang memadai. Pelaku usaha di tempat obyek wisata, memiliki peran yang cukup penting, karena bersentuhan langsung dengan para pengunjung. Maka pengembangan sumberdaya manusia di perlukan untuk peningkatan kapasitas. 

Dispar  Kabupaten Tanah Laut akan terus menyuppor kegiatan pelaku usaha, UMKM di lokasi tersebut. Selain sokongan bantuan dari pemerintah juga harus diberikan sebagai bentuk perhatian, agar usaha bisa semakin maju dan berkembang. 

Disadari atau tidak, selama ini, pelaku usaha, juga sangat menentukan untuk membantu dari peningkatan PAD. Bila pelaku usaha UMKM di lokasi obyek wisata di kelola, dan di tata secara baik dengan sistem pengelolaan yang profesional dengan tempat usaha yang memadai, dengan segala fasilitas penunjang lainnya. Maka, kontribusi yang diberikan akan cukup tinggi. 

Sehingga di perlukan kerjasama dan kesadaran untuk saling memahami dan membantu, dalam memajukan UMKM di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. 

Sabirulaksabir AKJII DPC Kabupaten Tanah Laut. 




Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda