Pemkot Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD Kota Bima 2025 - Reportase Bima

Rabu, 17 April 2024

Pemkot Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD Kota Bima 2025



Bima, Reportasebima.com.
Kamis, (18/4/24) Pemerintah Kota Bima melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bima Tahun 2025. Kegiatan mengambil tempat di gedung Seni Budaya Kota Bima, di hadiri sejumlah unsur Muspida.

Sekda Kota Bima, H. Muhtar Landa, SH, MH, Wakapolres Bima Kota, Kejari Raba Bima, Para Kepala OPD, Lurah dan Camat, tokoh masyarakat, agama, pemuda dan wanita, serta sejumlah Ketua Organisasi kemasyarakatan dan profesi.

Kegiatan di awali dengan Pembacaan Kalam illahi, Do,a oleh Ketua MUI Kota Bima, TG KH. Abidin, selanjutnya Pengantar Kepala Bappeda Kota Bima, Drs. Adisan. Dalam laporannya, disampaikan, bahwa Musrenbang merupakan instrumen proses perencanaan pembangunan sehingga secara teknis berbagai keputusan dan pelaksaan pembangunan.

Penyusunan RKPD sedang berproses. Dan RKPD saat ini sebagai tahap akhir dari semua proses yang ada. Dasar hukumnya, yaitu UU Nomor 13 tahun 2002, UU Nomor 17 tahun 2023, UU Nomor 1 tahun 2024, UU Nomor 15 tahun 2004, UU Nomor 25 tahun 2004,:UU Nomor 33 tahun 2004 dan beberapa lainnya.

Tujuan dari kegiatan, dalam rangka menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan provinsi dan nasional serta usulan program dan kegiatan Musrenbang kecamatan dan kelurahan, dan beberapa tujuan lainnya, termasuk menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan.

Lanjut Adisan, bahwa dari keluaran atau hasil yang di harapkan pada Musrenbang RKPD 2025 tingkat Kota Bima tahun 2024, yaitu rancangan RKPD tahun 2025, rancangan dokumen aspirasi daerah, dan renja masing masing perangkat daerah.

Dan dari hasil Musrenbang RKPD Kota Bima, akan di bawa ke tingkat ngkat Musrenbang tingkat Provinsi NTB, tandasnya.

Usai laporan dilanjutkan dengan, laporan hasil Musrenbang tingkat anak dan Musrenbang tingkat perempuan Kota Bima. Selanjutnya DR. Mazuladi selaku Sekretaris mewakili Kepala Bappeda Provinsi NTB Membuka secara resmi Musrenbang RKPD Tingkat Kota Bima tahun 2024 Penyusunan RKPD tahun 2025. 

Berdasarkan hasil liputan reportasebima.com di tempat acara, di jumpai kegiatan berjalan lancar dan sukses. Diakhir dengan pembahasan sejumlah item kegiatan pembangunan yang akan di laksanakan di tahun 2015. Sejumlah agenda program kerja tersebut juga akan di tindaklanjuti pembahasan Musrenbang di tingkat provinsi NTB dalam waktu dekat. 

Acara di mulai pukul 09. 00 WITA dan berakhir hingga pada pukul 14. 00 wita ini, sangat di respon positif. Ada banyak kegiatan yang masih menjadi agenda penting bagi Pemkot Bima, diantaranya masalah penanganan kekerasan anak dan perempuan juga masalah Stunting. #




Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda