Bupati Bima Raih Gelar Magister Ilmu Pemerintahan UNPAD Bandung - Reportase Bima

Rabu, 14 Juni 2023

Bupati Bima Raih Gelar Magister Ilmu Pemerintahan UNPAD Bandung



Bima, Reportasebima.com.
Setelah mengikuti serangkaian ujian yang berlangsung selama 1,5 jam, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE berhasil meraih gelar Magister Ilmu Pemerintahan (M.IP) pada Program Pasca Sarjana Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran Bandung pada ujian tesis yang dipimpin oleh Ketua Tim Pembimbing/Penguji, Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, Anggota Tim yang juga Pembimbing Prof. Dr. H. Nandang A. Deliarnoor, S.AP., S.H., M.Hum, Penguji Prof. Dr. Drs. H. Utang Suwaryo, M.A, penguji Dr. Dra. Dede Sri Kartini, M.Si dan Penguji Dr. Novie Indrawati Sagita, S.IP., M.Si.

Indah Dhamayanti Putri mengangkat judul Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Anggaran Pelayanan Dasar Kebencanaan di Kabupaten Bima tahun 2021, berhasil menyelesaikan Ujian tesis tersebut pada Ujian yang berlangsung Rabu (14/6) di Ruang Sidang Pasca Sarjana FISIP Unpad.

Dalam paparannya, Kabupaten Bima merupakan daerah kategori rawan bencana di Provinsi Nusa Tenggara barat. Salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat adalah melalui penganggaran pelayanan dasar kebencanaan secara lebih terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh.

Penelitian ini bertujuan menganalisa bagaimana Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bima tentang anggaran pelayanan dasar kebencanaan pada beberapa aspek.

Teori yang digunakan adalah teori isi kebijakan (Content of policy) dari Merilee S. Grindle yang terdiri dari 6 aspek ; kepentingan-kepentingan pengambilan keputusan, pelaksana program, serta sumber-sumber dan yang digunakan.
Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrument Wawancara, Observasi, Dokumentasi serta Focus Group Discussion

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda