KPU Kota Bima Uji Publik Data Pemilih Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022 - Reportase Bima

Rabu, 07 Desember 2022

KPU Kota Bima Uji Publik Data Pemilih Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022





Kota Bima, Reportasebima.com.
Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kota Bima mulai melakukan uji publik data pemilih hasil Pemuktahiran data pemilih berkelanjutan di tahun 2022 tingkat kota Bima.

Kegiatan berlangsung Rabu, (7/12/22) di aula Kantor Kelurahan Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima. Hadir Ketua KPU Kota Bima, Mursalim bersama anggota, PLH Lurah Rabadompu Barat, Ridwan, SE, Ketua Rumah Aspirasi, M. Amin Said dan sejumlah Ketua RT. Se Kelurahan Rabadompu Barat sebagai peserta.

Kegiatan di awali dengan pembagian data pemilih hasil Pemuktahiran tahun 2022 dari KPU, dibagikan kepada RT untuk diperiksa dan diteliti dari kebenaran warga di masing masing RT. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kevalidatan data lapangan pemilih, perkembangan warga baik itu yang pindah tempat tinggal ataupun yang masuk di RT masing masing, termasuk yang meninggal dunia dan lainnya.

Ketua KPU Kota Bima, Mursalim, menyampaikan bahwa data pemilih hasil Pemuktahiran tersebut, belum final, sehingga diperlukan langkah awal untuk mendeteksi dan melakukan cross check melalui Ketua Ketua RT tentang kebenaran dan keberadaan warga di lapangan.

Hal ini, kata Mursalim sudah harus di lakukan jauh jauh hari sebelum Pileg dan Pilkada. Disampaikan pula, bahwa Pileg dan Pilkada akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang. Jadi, proses Pemuktahiran data harus dilakukan lebih awal, sehingga nanti kedepan, data yang ada tidak menjadi masalah.

Disebutkan, bahwa ditingkat Kelurahan Rabadompu Barat, ada 16 TPS dengan jumlah pemilih tahun sebelumnya sebanyak 3000 lebih pemilih. Untuk pemilih sendiri di tingkat kota Bima sebelumnya, 108.0008 pemilih, setelah Pemuktahiran menjadi 107. 227 pemilih. Data ini belum final dan akan terus diperbarui hingga ditetapkannya daftar pemilih, dari daftar sementara ke daftar tetap, tentu setelah melalui semua proses dan tahapan Pemuktahiran.

Disamping itu, Ketua KPU Kota Bima, juga menyampaikan bahwa saat ini KPU sedang melaksanakan perekrutan PPK dan PPS sebagai bagian dari kelengkapan jajaran KPU Kota Bima. Bila nanti tahapan Pileg dan Pilkada dimulai, maka intensitas Pemuktahiran dan sosialisasi akan ditingkatkan.

Liputan langsung reportasebima.com. dari tempat acara berlangsung, dijumpai kegiatan di awali dengan pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, doa, pengantar lurah rabadompu barat, sambutan Ketua KPU Kota Bima, penyerahan penghargaan kepada lurah rabadompu barat, uji publik data pemilih. 

Kegiatan berjalan cukup alot, lancar aman dan tertib. Diakhiri dengan berpose bersama Ketua KPU dan ketua ketua RT sebagai peserta rapat. 




Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda