Lurah Panggi Bunyamin Ajak Petani Menanam "Pohon Lantoro" - Reportase Bima

Kamis, 12 November 2020

Lurah Panggi Bunyamin Ajak Petani Menanam "Pohon Lantoro"




Kota Bima, Reportasebima.com.
Kamis, (12/11) kepada wartawan Lurah Panggi Kecamatan Mpunda Kota Bima, Bunyamin, spd mengajak Para Petani Menanam Pohon Lantoro sebagai Pakan ternak kambing dan sapi. Pohon Lantoro saat ini Disamping nilai jualnya yang sangat tinggi juga akan memenuhi kebutuhan pakan peternak kambing dan sapi, baik di daerah maupun di luar daerah.

Disamping itu juga manfaatnya dapat menghijaukan seputaran wilayah pegunungan di Panggi Kota Bima. Saat ini kata Lurah Panggi, sudah mulai di uji coba penanamannya beberapa hektar dari target 40 hektar pohon Lantoro. Cara menanamnya tidak sulit, yaitu cukup dengan bijian yang ditanam kedalam tanah. Dan tidak butuh waktu lama untuk menunggu pertumbuhan, karena Lantoro sendiri sangat cepat pertumbuhannya. "Cukup beberapa bulan saja lamanya sudah bisa dipotong dan diambil daunnya. Dan cukup satu kali tanam saja, tapi panennya berkali kali". Ungkapnya.

Lajutnya, bahwa Pohon Lantoro juga adalah pohon yang mudah menyerap air. Jadi pihaknya saat ini sedang mensosialisasikan kepada para petani pemilik gunung dan lahan dapat memanfaatkan lahan dan gunungnya untuk menanam pohon Lantoro. "Kita sedang sosialisasikan". Cetusnya.

Untuk merangsang para petani, sambung Lurah Bunyamin, disarankan untuk dibentuk beberapa kelompok tani. Dan nanti akan diberikan bibit biji Lantoro dari kebutuhan berdasarkan luas areal pegunungan. Selain itu juga akan diberikan bantuan sapi dan kambing di setiap kelompoknya. "Para kelompok tani akan mendapatkan bibit biji Lantoro dan juga kambing dan sapi". Terangnya.

Ditanya, dari mana bantuan bibitnya tersebut, Lurah Bunyamin tidak menyebut secara rinci. Namun pihaknya memastikan dari Pemerintah Provinsi NTB. bahkan tim dari sana sudah turun melihat ke lokasi. Dan kawasan yang ada dianggap sangat mendukung, serta menjanjikan bagi kesejahteraan para petani. "Semua bantuan bibit dan kambing maupun sapi dari mereka semua. Kita lahan dan kandang saja". Cetusnya.

Diakui olehnya, bahwa tidak mudah memberikan penjelasan kepada warga akan program yang ada. Akan tetapi sekarang ini sudah dimulai oleh beberapa kelompok petani sebagai contoh bagi yang lain. " Kita sudah mulai menanamnya, dan sudah ada yang tumbuh. Termasuk lahan di halaman Kantor Kelurahan kita manfaatkan menanam pohon Lantoro. Tandasnya. (NR)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda