Walikota Bima Gelar Silaturrahmi Dengan 571 Ketua RT - Reportase Bima

Sabtu, 26 September 2020

Walikota Bima Gelar Silaturrahmi Dengan 571 Ketua RT




Kota Bima, Reportasebima.com. Sabtu malam, (26/9) dikediamannya Kelurahan Rabadompu Barat, Walikota Bima Menggelar Acara Silaturrahmi, Zikir dan Do,a Dengan 571 Ketua RT Se Kota Bima. Acara yang dirangkaikan Kilas Balik Perjalananan 2 Tahun Pemerintah Kota Bima dibawah kendali Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE.

Dalam acara itu juga turut hadir pula Mantan Ketua MK RI Hamdan Zoelva, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bima, Kepala Kejaksaan Negeri Raba Bima, Dandim 1608 Bima, Ketua MUI Kota Bima, Kepala-kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima.

Diawal acara, diawali para Kepala OPD memaparkan torehan Prestasi dan capaian Visi-Misi Pemerintah Kota Bima selama 2 tahun terakhir, serapan APBD 2020 untuk Pemberdayaan Masyarakat senilai 7,5 Miliyar untuk menciptakan 10 ribu wirausawan baru, disusul bidang Kesra untuk perbaikan Sarana dan Prasarana Ibadah Masjid/Mushala senilai 52 Miliyar selama tahun 2019-2020, pada bidang pertanian tahun 2020 sebesar 2,5 Miliyar untuk kelompok Peternakan, Dinas Sosial Kota Bima sebesar 500 Juta untuk bantuan KUBE, Dinas Koperindag sebesar 970 Juta untuk bantuan UMKM.

Walikota Bima, HM. Lutfi, SE, dalam sambutannya menyampaikan, Bahwa waktu terpilih menjadi Walikota Bima PAD Kota Bima sebesar 33 Miliyar, dan ditingkatkan menjadi 62 Miliyar. Ditahun 2020, berkenaan dengan rasionalisasi APBD akibat Pandemi Covid-19, PAD Kota Bima dikurangi 10 Miliyar. Disamping itu H. Lutfi juga memperbaiki dibidang kesehatan, terbukti serapan anggaran pada Bidang Kesehatan 10 % dari APBD, sedangkan bidang pendidikan serapannya mencapai 23 % dari APBD dan sudah melampaui dari yang dicanangkan.

Dihadapan 571 Ketua RT se Kota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE menginginkan Jabatan RT/RW tidak lagi 3 Tahun, beliau menginginkan jabatan RT/RW selama 5 Tahun, dan pihaknya sudah menyepakati dengan Lembaga Legislatif DPRD Kota Bima untuk merevisi Perda yang mengatur tentang Jabatan Kepengurusan RT/RW, dan DPRD Kota Bima sudah menyepakati untuk direvisi.

Pada Tahun 2021 juga, Walikota Bima menyiapkan Aplikasi Commend Center yang terintegrasi sampai ketingkat RT/RW, pada saat bersamaan pula, tahun 2021 para RT akan memperoleh HP Android guna mempermudah Kepala Daerah memantau seluruh aktivitas masyarakat melalui Aplikasi Commend Center yang dipantau langsung oleh beliau baik diruang kerjanya, maupun melalui kediamannya. Tujuan diberikannya HP Android kepada RT/RW yakni Walikota Bima menginginkan Kota Bima bersih mulai dari tingkat Lingkungan, tidak ada lagi sampah berserakan, got yang kotor, dan sehingga para RT bisa melaporkan segala aktivitas warganya, semua akan terlihat di Aplikasi Commend Center RT mana yang tidak bekerja.

Selain itu, di tahun 2021 Pemerintah Kota Bima akan menambahkan 15 armada pengangkut sampah yang akan melayani sampah ditiap-tiap gang lingkungan, dengan jumlah armada sampah yang dimiliki saat ini antara lain 27 Unit Truck, dan 2 Unit pickup.

Walikota Bima juga menambahkan, kedepan menginginkan kesadaran masyarakat akan keamanan harus ditingkatkan, tidak ada lagi persoalan sepele yang terjadi ditengah masyarakat lari ke Hukum, ia menginginkan penyelesaiannya kembali ke tradisi jaman dahulu dengan mengedepankan musyawarah dan mufakat, kecuali sifatnya kasus pembunuhan dan kasus hukum berat lainnya yang harus ditangani oleh pihak penegak hukum.

Lebih lanjut Aji Lutfi sapaan akrabnya menyampaikan, untuk tahun 2021 Pemerintah Kota Bima akan menambah alokasi untuk Dana Kelurahan, pada Alokasi Dana Kelurahan Tahun 2020 sebesar 41 Miliyar, ditahun 2021 akan ditingkatkan menjadi 52 Miliyar, sehingga ada penambahan sekitar 11 Miliyar.

Diakhir sambutannya, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE mengharapkan kepada Ketua RT yang hadir untuk mengambil bagian memberikan pencerahan kepada masyarakat bahwa jangan ada lagi pendukung A dan si B, saya sebagai Walikota Bima tidak bisa bekerja sendiri membangun daerah ini, ia tidak menginginkan masyarakat Kota Bima terpola oleh kepentingan kelompok tertentu, kita ciptakan iklim yang kondusif, saling bahu membahu membangun Kota Bima yang sama-sama kita cintai kearah yang lebih baik. TIM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda