BAZNAS Kota Bima Tetap Salurkan Program Zakat Konsumtif Kepada Asnaf - Reportase Bima

Selasa, 28 Juli 2020

BAZNAS Kota Bima Tetap Salurkan Program Zakat Konsumtif Kepada Asnaf



Kota Bima, Reportasebima.Com.
Baznas Kota Bima kembali menyalurkan program Zakat Konsumtif dan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) secara bertahap di Kecamatan Asakota dan Kecamatan lainnya belum lama ini. Sekretaris Baznas Kota Bima, H. Muhdin mengatakan, bahwa bantuan yang diberikan sesuai dengan program Baznas selama ini.

"Secara bertahap tahun 2020 kita akan salurkan bantuan program Zakat Konsumtif dan juga ZIS. Dan Ini sesuai dengan program Baznas Kota Bima yang meliputi kemanusian, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan dakwah sesuai syariat islam," ujarnya.

Penyaluran ini diberikan kepada masing-masing asnaf sesuai hak-hak mereka, dimana bantuan ini berasal dari para Muzaki.

"Karena itu kita menghimbau muzaki dapat menyalurkan zakatnya melalui Baznas, karena kita akan berusaha menyalurkan kepada yang berhak," tuturnya.

Dimana penerima bantuan ini menurutnya melalui verifikasi sehingga penerima benar-benar sesuai kriteria.

"Peneriamaan ada kriteria, dari pengajuan dan dinyatakan berhak menerima, kemudian kita turun ke lapangan di seleksi lagi," katanya.

Tidak kurang dari 5 Ton Beras bantuan yang disalurkan kepada Asnaf di Kecamatan Asakota Bima. Namun karena keterbatasan dana pihaknya tetap menggunakan skala prioritas bagi penerima.

"Karena dana terbatas jadi skala prioritas, penerimanya antara lain guru harus honorer, usaha dan kuli batu bata. Bahkan saat ini kita terus menyalurkan bantuan hingga semuanya dapat tersentuh" ungkapnya.

Bantuan yang diberikan diakuinya tidak hanya berupa uang tunai namun juga ada yang berbentuk barang atau beras.

"Bantuan ada yang berupa uang tunai ada juga yang barang, sementara untuk fakir miskin bantuan kita berikan setiap tahun. Nominalnya sekitar 100 ribu rupiah dan juga kita serahkan dalam bentuk sembako," katanya.

H. Muhdin berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kota Bima.

"Semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat kita dan membantu masyarakat lebih produktif," tandasnya. TR

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda