Musrenbang Tingkat Kelurahan Mande Bahas Berbagai Program Unggulan dan Prioritas - Reportase Bima

Senin, 24 Februari 2020

Musrenbang Tingkat Kelurahan Mande Bahas Berbagai Program Unggulan dan Prioritas



Kota Bima, Reportasebima.com.
Musrenbang Tingkat Kelurahan Mande Kecamatan Mpunda Kota Bima, Senin, (24/2) digelar dan fokus membahas Program Infrastruktur dan Pemberdayaan masyarakat tahun 2020 dan program pembangunan tahun 2021.

Acara dilaksanakan di aula kantor setempat, dan dihadiri oleh Camat Mpunda, H. Abdul Hafid, Bagian Tatapem, Ketua LPM, Karang Taruna, Babinsa, Babinkantibmas, PKK, Ketua Ketua RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, wanita dan pemuda.

Acara dibuka secara resmi oleh Camat Mpunda, serta di paparkan melalui laporan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan program pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat tahun 2020 melalui anggaran dana kelurahan, oleh Lurah Mande, Zainudin, S. PD, serta merencanakan program tahun 2021. Diantara kegiatan tahun 2020 melalui anggaran Dankel sebesar Rp. 366 juta dari pusat, diarahkan untuk infrastruktur seperti, perbaikan talut, parit, rabat gang, pembuatan pos jaga, peralatan posyandu dan lainnya. Sedangkan pemberdayaan difokuskan kepada bantuan pengembangan usaha bakulan, perkiosan dan kuliner. Ungkap Bang Zain sapaan akrab Lurah Mande kepada wartawan.

Mengenai dana sebesar Rp. 1 milyar, sehingga tidak multitafsir, dijelaskannya, bahwa anggaran tersebut, diarahkan penggunaannya sebagai berikut, yaitu, untuk gaji RT/RW, LPM, gaji marbot, imam sholat dan Muazin, guru ngaji, pembinaan karang taruna, PKK, Rumah aspirasi, honor k2, MTQ, biaya Lomba kelurahan dan lainnya, semua inklusif kedalam 1 milyar tersebut. Termasuk pembayaran pajak kegiatan, penyusunan SPJ dan administrasi keuangan maupun administrasi lainnya. Semua dibelanjakan melalui anggaran yang ada, tegasnya.


Agar tidak salah pemahaman oleh masyarakat kata Lurah Zain, bahwa anggara Rp. 1 milyar tidak semuanya untuk pembangunan infrastruktur dan bantuan pemberdayaan masyarakat saja. Akan tetapi dana tersebut, mencakup semua bidang pembangunan yang ada ditingkat aktifitas pemerintah kelurahan. Lanjutnya, juga pencairan anggaran dilakukan secara bertahap berdasarkan uraian program tercantum dalam RKA tingkat kelurahan sesuai permohonan ketingkat Kecamatan. Jelasnya.

Lurah Zain menambahkan, bahwa Musrenbang tingkat Kelurahan Mande fokus membahas kegiatan prioritas untuk dilaksanakan tahun 2020, sekaligus menyerap aspirasi rencana program kegiatan tahun 2021 mendatang.kita fokus membahas rencana kegiatan pembangunan yang menjadi skala prioritas, tegasnya.

Dari lokasi kegiatan Musrenbang, dijumpai kegiatan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WITA dan berakhir pada pukul 12.00 WITA.(NR).





Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda