SMPN 5 Kota Bima Sediakan 1000 Bibit Pohon Dukung Program Penghijauan - Reportase Bima

Jumat, 14 Februari 2020

SMPN 5 Kota Bima Sediakan 1000 Bibit Pohon Dukung Program Penghijauan



Kota Bima, Reportasebima.com.
Dalam rangka mendukung program Penghijauan oleh Walikota Bima, Kepsek SMPN 5 Kota Bima, Hj. Nurmah melakukan gebrakan pembibitan. Alhasil, seribu bibit pohon siap tanam sukses disemaikan.

Umi Nurmah akrab di sapa Kepsek SMPN 5 dan juga mantan Kepsek SMPN 1 Kota Bima ini memulai gebrakannnya dengan penyemaian bibit pohon. Ada sebanyak 1000 pohon yang sudah siap ditanam saat ini ada di halaman sekolah.

Umi Nurmah kepada wartawan mengatakan, bahwa persiapan pembibitan pohon yang ada dilakukan sebagai bentuk dari tindaklanjut program lingkungan hijau Pemerintah Kota Bima.

"Saat pelantikan, pak Wali meminta kepala sekolah untuk peduli lingkungan. Dan sebagai tindak lanjut dari himbauan pak wali, kami semaikan bibit dan siap untuk dilakukan penanaman," ujarnya.

Dikatakannya, bahwa ada banyak jenis pohon yang disemai, salah satunya pohon jenis beringin. Penyemaian pohon ini melibatkan seluruh warga sekolah. Mulai dari guru dan seluruh para siswa siswi

"Kegiatan ini murni swadaya yang ada di SMPN 5 Kota Bima, baik siswa, guru maupun pegawai," tegasnya.

Bibit yang sudah disemaikan sekarang sudah layak untuk ditanam dan pihak SMPN 5 akan berkoordinasi dengan DLH Kota Bima dalam penentuan lokasi penanaman pohon. Termasuk akan melaporkan juga kepada Walikota, sehingga waktu penanaman dapat segera dijadwalkan.

"Dan insya Allah saat penanaman nanti kita akan melibatkan semua warga sekolah," terangnya.

Disamping pohon-pohon yang disemai, SMPN 5 juga menyemai pohon berbuah. Pohon ini rencananya akan diberi tanggungjawab ke siswa untuk menanam satu pohon di rumah masing-masing.

"Satu pohon ini tidak sebatas ditanam saja. Tapi dipelihara dan dilaporkan perkembangannya setiap bulan. Ini akan menjadi tugas sekolah bagi siswa," jelasnya.

Hal ini dilakukan disamping mengajak anak untuk mencintai dan peduli lingkungan juga belajar untuk mengenal alam sejak ini.

"Melihat kondisi alam saat ini sangat memprihatikan. Akibat cuaca panas yang tidak menentu, sehingga diperlukan penghijauan. Maka dari itu anak-anak harus dilibatkan agar punyaber rasa peduli terhadap lingkungan. Tandas Umi Nurmah. (NR)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda